Sulitnya Menentukan Judul Artikel

Sulitnya Menentukan Judul Artikel


Pernakah anda mengalami kesulitan saat menentukan judul? Saya sebagai penulis newbie sering kali mengalami kesulitan dalam menentukan judul mencakup penentuan dan penyusunan kalimat judul itu sendiri. Sebagai penulis baru kita akan merasa sulit menentukan judul yang layak untuk artikelnya. Tak jarang pula ketika sudah ada ide untuk judul atau arah penentuan judul sudah ada, tetapi sulit menentukan kata atau kalimat yang pas untuk judul artikelnya.


Judul dalam artikel sangat penting. Ibarat kepala, judul menopang alur kehidupan. Tanpa judul, sebuah artikel ibarat orang tanpa kepala. Namun dalam membuat judul yang baik dan menarik tidaklah mudah, diperlukan latihan dan menimba pengalaman dengan membaca artikel dari penulis berpengalaman.


Judul menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah nama yang dipakai untuk buku atau bab yang dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud buku atau bab tersebut. Maka hendajnya judul ditulis secara singkat, padat, jelas, menarik, dan menggambarkan isi bahasan.


Ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba saat membuat judul artikel.


  1. Memahami tema yang akan dibahas. Penulis profesional biasanya sudah bisa menggambarkan kemana arah artikelnya, sehingga sebelum artikel dibuat sudah bisa menentukan judul yang baik. Sebaliknya sebagai pelunis newbie untuk menentukan judul saja sudah merasa kesulitan, untuk itu para penulis pemula sebaiknya menentukan tema terlebih dahulu, agar judul dan tulisan benar-benar nyambung.
  2. Memilih kata atau kalimat yang baik. Pemilihan kata atau kalimat menjadi problem tersendiri bagi para penulis pemula. Tidak semua penulis dapat memilih kata dengan tepat, maka disarankan agar dalam menentukan judul ada dua pendapat: yaitu: Membuat judul sebelum artikel dibuat atau menentukan judul setelah artikel dibuat. Meskipun tidak ada aturan baku, tapi disarankan agar membuat judul terlebih dahulu setelah itu baru menulis artikel. Karna dengan adanya judul di awal kita tahu kearah mana kita harus menulis.
  3. Menentukan alternatif judul. Sekali pun pandai memilih kata atau kalimat, namun penulis kadang tidak bisa langsung menentukan judul, disarankan untuk membuat beberapa judul agar ada alternatif lain. Untuk itu jika ada beberapa judul untuk satu artikel, maka anda bisa memilih mana yang lebih baik dan menarik untuk dijadikan judul artikel anda.
  4. Menjauhkan diri dari sikap emosional. Biasanya emosi sering muncul saat kita dalam kondisi terpuruk. Maka dari itu kita harus menjauhi sikap emosional, karna jika tidak kita bisa saja membuat judul yang berisikan fitnahan, umpatan, dan terkesan emosional.

Jika Anda masih mengalami kesulitan membuat judul, sebaiknya anda sering mengamati judul tulisan di media massa atau menjalin komunikasi langsung dengan penulis profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam Sunat Modern

Normalnya, sunat itu memang sakit (meski banyak termasuk yang bilang bahwa sunat itu tidak sakit!). Bagaimana tidak? Ujung penis, yang merup...