Alasan Seragam Pramuka Berwarna Cokelat

Alasan Seragam Pramuka Berwarna CokelatSelamat pagi semua. Apa kabar kalian semua? semoga baik-baik saja.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan mengulik alasan kenapa baju sekolah pramuka berwarna coklat. Ok langsung saja masuk kedalam pembahasan.

Kenapa Seragam Pramuka Berwana Coklat?

Seragam Pramuka Berwarna Cokelat

Pramuka biasa kita identikan dengan kemah dan hiking, biasanya kegiatan seperti ini akan di lakukan pada hari sabtu dan minggu. Tapi terkadang mereka yang aktif mengikuti pramuka ini, akan berpartisipasi dalam kegiatan jambore nasional.

Seperti yang kita ketahui, bahwa kegiatan pramuka ini tidak pernah terlepas dari yang namanya "Baju Pramuka", mungkin selama ini kamu bertanya-tanya atau sedang kebingungan, kenapa baju pramuka berwana coklat? berikut beberapa alasan kuat kenapa baju pramuka berwarna coklat.

Alasan Seragam Pramuka Berwarna Coklat

1.Pakaian Pejuang Kemerdekaan
pejuang kemerdekaan

Jika kamu pernah menonton film sejarah indonesia, pastinya kamu memperhatikan pakaian yang digunakan pahlawan kita dalam film tersebut. Mereka menggunakan atasan dan bawahan yang berwarna coklat muda, walaupun ada sebagian yang menggunakan pakaian berwarna putih dan hitam. Tetapi tetaplah warna cokelat yang mendominasi dalam medan perang.

Oleh karena itu Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memutuskan untuk menggunakan warna cokelat sebagai warna dari baju pramuka. Hal ini tercantum pada Bab 1 pasal 5 ayat B di dalam petnjuk penyelenggaraan pakaian anggota pramuka. Tujuannya agar kita tidak melupakan jasa para pejuang kemerdekaan bangsa indonesia

2. Warna Tanah dan Air

alasan seragam pramuka coklat

Sebagaian orang indonesia memaknai warna coklat ini sebagai kiasan warna tanah dan air di indonesia. Warna coklat muda pada baju pramuka melambangkan air yang mengalir, sedangkan waena coklat tua pada rok pramuka melambangkan warna tanah di negeri kita.

Namun anggapan ini belum di akui oleh Kwartir Nasional. Tapi jika kita melihat secara keseluruhan Seragam pramuka ini, yang di padukan dengan setengan leher warna merah putih yang memiliki arti bahwa putra dan putri indonesia harus siap mempertahankan kibaran bendera di tanah air indonesia.

3. Warna Tunas Kelapa

tunas kelapa pramuka

Sudah bukan hal tabuh lagi bahwa lambang dari pramuka adalah tunas kelapa. Mungkin selama ini kita tidak tahu apa hubungannya antara pramuka dan tunas kelapa. Berdasarkan sejarahnya, penemu ide ini adalah Soenardjo Atmodipurwo yang merupakan seorang tokoh pramuka dan pegawai tinggi di kementrian pertanian.

Ada beberapa alasan kenapa tunas kelapa sebagai lambang dari pramuka. Tunas kelapa diartikan sebagai tunas penerus bangsa dan buah kelapa menggambarkan sifat dari anggota pramuka yang kuat jasmani maupun rohani.

Selain itu filosofi lainnya adalah kelapa mampu tumbuh di manapun ia berada, sehingga di harapkan anggota pramuka mampu beradaptasi dmanapun dengan kondisi apapun itu. Atas dasar inilah pada akhirnya warna tunas kelapa ini di putuskan sebagai dasar warna pakaian pramuka.
Baca Juga : Arti Warna Seragam di Indonesia

4. Inisiatif Bapak Pramuka

bapak pramuka
Sebagai anggota pramuka tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan nama Baden Powell bukan? Yah, beliau merupakan bapak pramuka di dunia. Beliau sangat menyukai perjalanan ke bukit, gunung, hutan, dan laut. Nah oleh sebab perjalanan jauh inilah yang menyebabkan pakaiannya berubah waena, hal ini di sebabkan tubuhnya yang masuk kedalam lumpur basah kemudian mengering. Karena itulah seluruh tubuh dan pakaiannya kotor dan menyebabkan warna coklat.

Sejak saat itulah ia mulai tertarik dengan warna coklat, dan tujuannya supaya baju pramuka tidak mudah kotor ketika berpetualang.

Bagaimana sudah tahu kan kenapa baju pramuka berwarna coklat? bukan putih ataupun merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam Sunat Modern

Normalnya, sunat itu memang sakit (meski banyak termasuk yang bilang bahwa sunat itu tidak sakit!). Bagaimana tidak? Ujung penis, yang merup...