Apa Fungsi Seragam Sekolah?

Salah satu identitas anak sekolah merupakan seragam. Mulai dari taman kanak-kanak hinga SMA, kita selalu memakai seragam buat belajar di sekolah. Memang tidak banyak negara yang meharuskan murid sekolah buat memakai seragam. Akan tetapi, Indonesia menerapkan sistem yang berbeda. Setiap murid harus mengenakan seragam buat belajar di sekolah.

Tapi apa sih sebenarnya fungsi dari seragam sekolah?

1. buat membedakan tingkatan

Kegunaan seragam sekolah

Fungsi yang paling mendasar dari seragam sekolah merupakan buat membedakan tingkat pendidikan. Contohnya, anak SD menggunakan seragam merah putih, SMP mengenakan biru putih, dan anak SMA tampil dengan putih abu-abu.

2. Penilaian kedisiplinan

Sekolah memang tempat buat menguji seberapa disiplin seseorang. Salah satu penilainnya merupakan melalui seragam yang dikenakan. Umumnya, seragam ini terdiri dari banyak elemen yaitu ikat pinggang, topi, model baju, sepatu, kaus kaki, dan badge pada baju. Dengan melihat kelengkapan seragam, seorang murid bisa terlihat sifat kedisiplinannya.

3. Tingkatkan rasa persatuan 

Salah satu fungsi positif dari adanya seragam merupakan buat meningkatkan rasa persatuan bangsa. Ketika sama-sama memakai seragam SMA, para remaja merasa dari satu kelompok meskipun berasal dari sekolah yang berbeda.

4. Identitas sekolah 

Selain seragam reguler, sekolah juga memiliki seragam khusus sebagai identitas sekolah. Hal ini sangat berguna saat mengikuti sebuah kompetisi atau perlombaan. Masing-masing sekolah memiliki identitas khusus melalui seragam mereka. Hal ini juga mempermudah juri dalam menilai sebab seragamnya yang berbeda-beda.

5. Menghindarkan kesenjangan sosial

Enaknya memakai seragam merupakan bisa menurunkan kesenjangan antara sisiwa dari keluarga mampu dan tidak mampu. Jadi, dari semua kelas sosial memakai seragam yang sama. Bayangkan saja, jika tidak ada seragam, pasti ada siswa pergi ke sekolah layaknya model. Hal ini bisa membuat yang lain rendah diri.

6. Membentuk profesionalisme 

Dengan memakai seragam, para siswa sudah diperkenalkan dengan dunia pekerjaan. Beberapa instansi di negara ini banyak yang menggunakan seragam juga. Jadi, ketika mereka memasuki dunia kerja mereka tidak kaget lagi.

7. Memberikan rasa nyaman saat belajar

Yang paling penting dengan mengenakan seragam merupakan membuat kegiatan belajar akan menjadi nyaman. Hal ini disebabkan model seragam yang sederhana. Jadi, selagi anda bisa memakai seragam, nikmatilah masa-masa sekolahmu!

Manfaat Seragama Sekolah

Penggunaan baju seragam tentu bukan tanpa alasan, melainkan sebab memang ada banyak fungsi serta manfaat yang bisa diperoleh darinya. Pertama, seragam memiliki fungsi sebagai identitas yang membedakan antara anggota komunitas satu dengan komunitas lainnya. Sebagai contoh, kita bisa dengan mudah membedakan siswa SD dan SMP dari seragam yang mereka kenakan, di mana murid SD memakai bawahan merah dan siswa SMP memakai bawahan biru tua.

Kita juga bisa dengan mudah melakukan identifikasi mengenai dari organisasi mana seseorang berasal berdasarkan seragam yang ia kenakan. Berikutnya, manfaat seragam juga akan bisa membuat kerja karyawan akan menjadi lebih efektif. Semangat kerja akan lebih terpacu berkat seragam yang dikenakan.
Manfaat seragam sekolah
Ini sebab seragam memiliki sifat eksklusif serta hanya akan dikenakan oleh anggota dari organisasi tertentu saja, sehingga akan ada perasaan bangga tersendiri saat mengenakannya. Keefektikan kerja serta motivasi karyawan akan dapat ditingkatkan dari pemakaian seragam tiap harinya. Seragam juga akan memberi persepsi profesional pada konsumen, di mana kita akan dianggap serius sebab perusahaannya.

Seragam juga bisa memberi kenyamanan buat para karyawan, di mana karyawan akan dilindungi oleh perusahaan tempatnya bekerja berdasarkan hukum yang berlaku. Seragam juga bisa menjadi pelindung, di mana perusahaan akan siap mencover masalah asuransi kesehatan bagi para pegawainya. Terakhir, pemakaian seragam juga bermanfaat sebagai sarana branding serta promosi. Pemakaian seragam akan dapat menjadi iklan berjalan terutama buat perusahaan yang belum dikenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam Sunat Modern

Normalnya, sunat itu memang sakit (meski banyak termasuk yang bilang bahwa sunat itu tidak sakit!). Bagaimana tidak? Ujung penis, yang merup...