Alasan Kenapa Banyak Orang yang Percaya Berita Hoax

Alasan Kenapa Banyak Orang yang Percaya Berita Hoax


Saat ini berita sangat mudah di dapat. Tidak seperti dulu, yang harus mendengarkan radio, atau membaca koran untuk mendapatkan suatu berita, tetapi sekarang banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk membaca suatu berita, misalkan saja: televisi, media sosial, dan masih banyak lagi media-media yang bisa kita gunakan untuk mendapat berita. Zaman sekarang penyebaran berita sangatlah cepat, apalagi pada zaman kemajuan teknologi seperti ini, tak jarang masyarakat banyak sekali menerima berita dengan cepat melalui internet.

Hal ini sangat posesif melihat perkembangan teknologi di dunia terutama di Indonesia.
namun dalam hal ini pasti ada dampak negatifnya, yakni adanya suatu berita/informasi palsu yang di sebarkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab demi mendapatkan uang.


Oknum-oknum ini memanfaatkan berita/informasi palsu, agar artikel yang mereka buat banyak yang membacanya, sehingga berita/ informasi tersebut mendapat trafic yang tinggi dan menjadi viral dikalangan masyarakat, yang membuat penulis artikel palsu mendapat uang.


orang yang menyebarkan berita palsu biasa atau yang biasa disebut berita hoax bisa terancam pasal 28 ayat 1 UU IT.


Buat kalian yang sering menyebarkan berita tanpa mengetahui kebenarannya, berhati-hatilah jika anda tidak ingin terkena pidana.

Terkait dengan maraknya berita hoax,lalu apa yang membuat masyarakat Indonesia mudah percaya pada berita hoax?.Berikut adalah alasan mengapa masyarakat indonesia percaya pada berita hoax :


1. MALAS MENGANALISA/ TIDAK BERPIKIR KRITIS


Kritis adalah sifat yang tidak lekas percaya , selalu menemukan kesalahan atau kekeliruan. Pada umumnya orang indonesia malas berpikir kritis akan suatu berita, termasuk berita yang belum tau kebenarannya.akibat dari hal itu mereka menelan mentah-mentah dan membagikan berita tersebut.
Orang indonesia juga malas menganalisa berita, jika mereka menganalisa suatu berita, pasti mereka akan terhindar dari berita hox.

2. TINGKAT POPULARITAS INFORMASI


Setelah berita hoax tersebut sangat mudahnya tersebar ke masyarakat, lama kelamaan dengan seiring waktu maka mereka yang sering membaca berita hoax akan kebal akan kebenaran yang sesungguhnya.
Hal ini sangat berbahaya, sebab kita menjadi tidak peduli , mengabaikan kesalahan, dan menyebarkan berita hoax dapat menimbulkan konflik di masyarakat.

Itulah beberapa Alasan Kenapa Banyak Orang yang Percaya Berita Hoax.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam Sunat Modern

Normalnya, sunat itu memang sakit (meski banyak termasuk yang bilang bahwa sunat itu tidak sakit!). Bagaimana tidak? Ujung penis, yang merup...