Faktor yang Menyebabkan Kuliner anda Gagal.

Faktor  yang Menyebabkan Kuliner anda Gagal.

Faktor  yang Menyebabkan Kuliner anda Gagal..-Sudah soreh ajah nih gan, mungkin waktu yang pas untuk menulis artikel nih.
Assalamualaikum, kawan-kawan sekalian. Jangan bosen-bosen ya untuk membaca artikel saya.
Di artikel yang ini, iya yang ini, saya akan membahas faktor-faktor yang menyebabkan bisnis restaurant anda bangkru atau tidak laku di kalangan masyarakat di daerah anda.

Itulah bisnis, kadang ia berada diatas kadang juga dibawah. itu mah kehidupan.
Bisnis itu kadang ia sangat laku bahkan bisnis itu sampai menjadi primadona masyarakat di daerah anda, tetapi kadang juga bisnis yang anda jalani itu bisa bangkrut.
Sebagai seorang pengusaha, anda tak perlu takut akan hal itu, yang terpenting anda sudah mau berusaha, setelah itu serahkan semuanya kepada tuhan, karna dialah yang maha pemberi rezeki.

Bisnis kuliner adalah bisnis yang tak ada matinya. Semakin berkembangnya zaman banyak orang yang mau berbisnis di bidang ini. Faktor ekonomi, sosial, dan budaya dapat mempengaruhi terhadap perkembangannya.
Bila dulu kita menikmati makanan hanya untuk kebutuhan saja, sekarang lain lagi. Mereka lebih sering nongkrong di resto atau cafe-cafe, itu sudah menjadi gaya hidup mereka. Jangan heran bila menjumpai kelompo-kelompok anak muda duduk di cafe-cafe atau resto pada jam-jam tertentu.
tetapi bisnis yang menjanjikan keuntungan menggiurkan ini ternyata tidaklah semudah yang kita bayangkan. Banyak pebisnis yang akhirnya gulung tikar atau bangkrut dalam beberapa bulan setelah membuka usaha yang ia dirikan.


Ada beberapa faktor yang menyebabkan pengusaha gagal dalam bidang yang memiliki tingkaat kompleksitas tu=inggi ini, antara lain adalah :

1. Terlalu mengandalkan konsep

Banyak pengusaha masa kini yang terlalu bergantung pada konsep. Padahal konsep bukanlah penentu keberhasilan sebuah usaha kuliner. Yang lebih utama adalah kualitas, baik produk maupun pelayanan terhadap pelanggan. Itulah faktor utama yang membuat usaha kuliner kita bangkrut, maka dari sekarang janganlah kalian bergantung pada konsep.

2. Riset yang kurang

Sebelum memulai usaha kuliner tentunya hal yang utama adalah kalian harus melakukan riset pasar. Mulai dari tempat, jenis usaha, menu makanan, hingga target yang ingin kalian dapatkan. Ini penting, agar usaha anda bisa berkembang. Tujuan dari riset ini adalah bisa mengemas bisnis kuliner apa yang cocok di tempat yang anda tuju. Kurangnya riset membuat anda susah membuat sebuah rencana bisnis yang pas. Akibatnya bisnis yang anda jalankan tidak optimal dan bahkan bisa berpotensi mengalami kebangkrutan.

3. Salah milih tempat

Kesalahan pemilihan tempat dapat berakibat buruk bagi usaha kuliner anda. sangat penting untuk memilih tempat yang strategis dan yang lebih penting lagi usaha kalian harus memiliki tempat parkir, karna kebanyakan usaha kuliner sekarang yang memiliki tempat yang strategis tapi tidak memiliki tempat parkir.
selain tempat parkir, yang tak kalah pentingnya adalah kebersihan lingkungan, karna seenak apapun makanan yang kalian jajakan tetapi jika kebersihan lingkungan kalian kotor, maka itu akan membuat para pelanggan tidak nyaman. Perhatikan betul apakah tempat anda sudah sesui target pasar yang anda rencanakan. Jika hal ini diabaikan, maka kemungkinan besar usaha anda akan gagal.

4. Harga yang terlalu mahal

Harga yang tepat juga menentukan keberhasilan kuliner anda. Perhitungn semua biaya anda, dari mulai pembelian bahan baku hingga kerusakan bahan. Dari sana baru anda bisa memperhitungkan beberapa harga jual sekaligus laba yang anda dapatkan. Anda tidak bisa memperkirakan, sebab ini bisa membuat anda mengalami kerugian.

5. Promosi yang kurang

Ini merupakan salah satu penyokong keberhasilan usaha kita. Apapun usaha yang anda geluti. Media promosi adalah sebagai penunjang keberhasilan usaha kita. Rencanakan strategi dan budget anda. Sekalian pertimbangkan dimana kalian ingin beriklan.
Kalian jangan berpikir bahwa pengunjung akan datang dengan sendirinya di restoran anda. Jika kalian hanya berdiam diri tanpa melakukan promosi, maka dikhawatirkan bisnis anda akan lambat berkembang. Hal ini tentu saja berefek pada pendapatan anda tiap bulan. ujung-ujungnya kalian akan sulit bertahan karena pemasukan sedikit dan pengeluaran yang sangat banyak.

Oleh karena itu pentingnya bagi kalian untuk belajar dan mencari info jauh-jauh hari sebelum anda benar-benar ingin membuka usaha ini. Dengan demikian anda akan memiliki kemampuan pemahaman kompenen yang penting dalam usaha kuliner anda. Pengalaman seperti Pengembangan menu, strategi pemasaran, penanganan terhadap konsumen, dan lain sebagainya itu sangatlah penting. Karna itu demi kemajuan bisnis anda sendiri.

Semoga bermanfaat artikel kali ini. wassalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam Sunat Modern

Normalnya, sunat itu memang sakit (meski banyak termasuk yang bilang bahwa sunat itu tidak sakit!). Bagaimana tidak? Ujung penis, yang merup...