Tips Memulai Bisnis cafe yang bermanfaat

Tips Memulai Usaha cafe yang bermanfaat.

Tips Memulai Bisnis cafe yang bermanfaat

Selamat siang gan. balik lagi nih bersama saya, yang kegantengannya udah menurun karna terlalu sering di depan laptop.
pada siang hari ini kita akan membahas tentang cafe. kenapa sih saya membahas cafe? ya karena bisnis ini yang lagi berkembang dengan pesatnya.


seperti yang sudah kita ketahui, cafe merupakan tempat berkumpul atau hhanya sekedar bersantai untuk melepas lelah sehabis beraktivitas, tapi pada sekarang cafe lebih sering digunakan sebagai tempat berkumpul.
cafe biasanya menyediakan makanan dan minuman ringan sebagai hidangannya. Tak sedikit juga cafe yang ada live musik sebagai tambahan untuk hiburan bagi pengunjung yang datang. Mengadakan live musik memiliki tujuan agar para pengunjung tidak cepat bosan.
Perbedaan paling mencolok antara cafe dan tempat makan lainnya adalah cafe lebih mengutamakan hinuran dan kenyamanan para pengunjung.

Biasanya jam operasi cafe pada umumnya buka mulai pukul (10:00-22:00), ada juga cafe yang buka mulai pukul (16:00-24:00) itu sih sebenarnya tergantung pemilik cafenya maunya buka jam berapa dan tutup jam berapa.
Tempat yang biasa dibuka untuk membuka cafe adalah rumah yang ditata dan didekorasi dengan baik, tetapi ada juga orang yang membuka cafe dengan memanfaatkan halaman rumah mereka.

nah, jika anda ingin membuka cafe, anda harus melakukan beberapa hal agar bisnis cafe anda berkembang dan mendapat banyak pengunjung.
Tapi bagaimana jika modal yang anda punya hanya sedikit? buat anda yang mempunyai modal sedikit atau pas-pas an, anda jangan khawatir anda harus percaya diri. karna jiwa seorang pengusaha tidak takut gagal dan berani ambil resiko, karna sejatinya menjadi seorang pengusaha berarti anda bermain dengan tantangan.

selain percaya diri, anda bisa mengikuti tips-tips yang saya berikan untuk anda yang ingin membuka usaha cafe.
beberapa tips yang bisa anda coba untuk membuka usaha cafe:

1. Memanfaatkan lahan yang ada

Tips Memulai Bisnis cafe yang bermanfaat

Seperti yang telah saya beri tahu, ada cafe yang memanfaatkan lahan rumahnya untuk membuka usaha cafe. Jika anda mempunyai lahan yang tidak terpakai, anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk membuka sebuah usaha. Jika anda tidak memiliki lahan kosong, cobalah untuk berkalaborasi atau bekerja sama dengan teman anda yang memiliki lahan kosong untuk membuka usaha cafe bersama-sama.

2. fokus pada satu menu


Jika anda membuka bisnis restora, anda sudah pasti akan menyiapkan lebih dari 10 menu makanan dan minuman. Berbeda dengan cafe, anda tidak perlu menyiapkan menu makanan dan minuman yang terlalu banyak.karena ada juga cafe yang hanya berfokus pada 1 menu saja.
Ada banyak cafe terkenal yang memiliki satu menu utama saja, seperti kopi,susu,es krim dan masih banyak lain. jika anda membuka usaha cafe anda harus memiliki menu andalan, karna setiap cafe pasti memiliki menu andalannya tersendiri.

3.Maksimalkan tenaga sendiri

Tips Memulai Bisnis cafe yang bermanfaat

Jika anda memiliki modal banyak, anda bisa menyewa atau memperkerjakan karyawan, tapi jika anda memiliki modal yang pas-pas an, jika ini bisnis pertama anda maka yang harus anda lakukan adalah menjadi karyawan sendiri. setelah cafe anda mulai rame akan pengunjung anda bisa mempekerjakan karyawan, itupun jika anda mau.

4. strategi marketing

Tips Memulai Bisnis cafe yang bermanfaat

Inilah merupakan hal yang penting. untuk mendapat pengunjung anda bisa memanfaatkan strategi promosi via media sosialterlebih dahulu, karna melakukan strategi ini insyaallah cafe anda banyak yang mengetahui dan insyaallah juga cafe anda banyak pengunjung.
memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi sangatlah mudah selain itu juga free alias gratis.

5. Buatlah cafe yang unik

Tips Memulai Bisnis cafe yang bermanfaat

Ini juga gak kalah penting dari yang diatas, jika kalian sudah melakukan promosi vie media sosial tapi jika cafe anda tidak unik atau menarik, cafe anda bakal sepi pengunjung.
alasannya adalah tempat yang membosankan, selain itu juga anak muda sekarang lebih senang berkunjung ke  tempat yang instagramable. Taulah sifat anak zaman sekarang, sedikit-sedikit cekrek. hahaha.

6. berilah cafe anda koneksi wifi

Tips Memulai Bisnis cafe yang bermanfaat

yang terakhir ini jangan sampai anda lupakan, karena kids jaman now jika ke cafe, yang mereka cari sebenarnya bukan makanannya tapi koneksi internet gratisnya. Hal ini sama seperti saya, jika ke cafe yang dicari wifi gratisnya bukan makanan enaknya. hahaha, yang sama seperti saya bisa komen dibawah yaa.

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada anda semua, semoga kalian yang ingin membuka cafe bisa sukses dan banyak pengunjung. aamiin ya robbal alamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam Sunat Modern

Normalnya, sunat itu memang sakit (meski banyak termasuk yang bilang bahwa sunat itu tidak sakit!). Bagaimana tidak? Ujung penis, yang merup...